Tentang Kami

Kampanye Meruwat Sangka bertujuan untuk menumbuhkan dan menciptakan sikap kritis pemuda Surabaya terhadap isu dan tulisan yang dilemparkan lewat media sosial. Sikap kritis ini diharapkan akan mampu menumbuhkan rasa toleransi dengan memahami makna dari tiap isu dan bagaimana mengolah rasa dan pikiran kita terhadapnya.

Perkembangan dunia di era digital membrikan dampak besar terhadap persebaran informasi di kalangan masyarakat dunia maya. Mudahnya penyebaran informasi di media sosial seringkali dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk menggiring opini masyarakat. Namun, sering pula opini masyarakat ini digiring ke dalam opini yang negatif lewat berita-berita hoax, yang erat kaitannya dengan perbedaan pendapat, agama, ras, dan latar belakang suatu kelompok. Tidak jarang akibat persebaran berita hoax tersebut menimbulkan intoleransi antar kelompok di masyarakat dan memicu hate speech dan aksi yang menimbulkan kegaduhan di Indonesia.

Adanya hal tersebut menandakan pentingnya bersikap kritis terhadap setiap berita dan tulisan yang tersebat lewat media sosial demi menghindari kesalahpahaman makna dan sikap terhadap sebuah isu. Sehingga kami, yang sebagian besar adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, menginisiasi sebuah gerakan kampanye sikap kritis dan toleransi. Gerakan ini kami khususkan kepada para pemuda Surabaya dengan melihat Surabaya sebagai kota metropolis di Jawa Timur, dengan pemudanya yang berasal dari berbagai daerah, suku, agama, dan ras yang berbeda. Gerakan ini tidak hanya kami lakukan di media sosial, namun juga di lapangan untuk semakin memperkenalkan kepada masyarakat  bagaimana bersikap kritis di media sosial. Kami juga bekerjasama dengan organisasi kampus dan komunitas kepemudaan untuk mendorong pada pemuda Indonesia turut serta mengkampanyekan toleransi dengan berpikir dan bersikap kritis.